06
Okt
08

kerusuhan di konser band – band cengeng !

masyarakat awam  umumnya hanya menilai pertunjukan seni khususnya konser musik hanya sebagai sebuah hiburan. tahap yang sebenernya kurang menguntungkan bagi perkembangan seni musik itu sendiri. masyarakat cenderung malas atau enggan untuk mengeksplor ataupun memahami tentang apa itu nilai estetika dalam sebuah lagu ( apresiasi ) di sebuah konser. pokoknya konsermusik = “hiburan” = “pesta” = ajang pamer kekuatan, sudah hanya sampai di situ saja , akhirnya proses pendangkalan pun terjadi.

di lain sisi masyarakat kebanyakan mengganggap pengkritik – pengkritik macam gw ini hanya sebagai orang yang tidak punya rasa hormat terhadap hasil karya orang laen. kritikan dianggap hal yang tabu, sehingga tidak tercipta suatu kawan-dialog ( apresiator ) dan juga dengan musikus tentang karya – karya yang mereka ciptakan. kritik cenderung dianggap oleh masyarakat sebagai kata mencela, memvonis atau menghakimi. contoh kritikan gw terhadap band2 lemes saat ini dengan sebutan band2 cengeng dengan tingkat musikalitas rendah dan hilang identitas.kalimat ini akan dianggap menghina bahkan tidak etis karena  kita menjungjung tinggi nilai adat ketimuran ( yang ini ke tong sampah aja ).

coba lo bandingin konser2 yang bernuansa musikalitas yang tinggi dengan musik yang gw bilang cengeng  tadi seperti band2 pop cengeng,dagdut. berapa jumlah presentase keributan yang di ciptakan.ato banyakan mana jumlah keributan ato tawuran yang di sebabkan oleh konser musik2 musikalitas tinggi seperti jazz,orkestra, ato blues.dengan konser2 pop melayu ato pop cengeng indonesia.

salah satu contoh kasus diatas menurut gw sangat menarik jika kita jadikan indikator/ acuan dalam mengukur sampai di mana tingkat apresiasi masyarakat terhada kemajuan seni ato menganggap seni cuma hiburan semata. masyaratat awam cenderung melihat musik2 semcam jazz, blues, orkerstra sebagai musik rumit. karena masyarakat kita tidak pernah mau belajar dalam menghayati suatu karya seni yang betul mempunyai nilai estetika tinggi.

gw kadang heran kenapa konser band2 cemen kebanyakan, bisa sampae meninggalkan korban jiwa yang begitu banyak ato lo bisa liat bagaimana para penonton ato masyarakat yang katanya orang timur paling menjungjung tinggi adat ketimuran bisa saling bentrok dalam konser seni yang seharusnya tidak perlu terjadi.hal yang patut di pertanyakan kenapa ini bisa terjadi.seharusnya gw bisa duduk manis dengan harim gw nikmati konser band2 cemen itu dengan hati yang penuh cinta.

konser2 genre musik apapun rentan terhadap kerusuhan jika pengelolaan oleh pantia sebagai fasilitator konser itu tidak prof, dan motif dari masing2 person masy yang datang untuk menikmati sebuah karya seni ( konser musik ) , sangat berpengaruh dalam kelancaran sebuah pertunjukan. tapi jika intensitas setiap konser band2 pop cengeng indonesia banyak menimbulkan kerusuhan ini yang menjadi tanda tanya, sampai di manakah kemampuan masyarakat kita dalam mengapresiasi karya seni ato pertunjukan seni dianggap hanya hiburan belaka ( tidak ada empathy terhadap karya seni itu sendiri ).


33 Responses to “kerusuhan di konser band – band cengeng !”


  1. Senin, 6 Oktober 2008 pukul 2:58 pm

    konser musik bukan ajang preman pasar !!!

  2. Senin, 6 Oktober 2008 pukul 3:51 pm

    menundukkan kepala sejenak mengenang tragedi AACC
    semoga mereka di terima disisiNya
    aminnnnn……….

  3. 3 bantenz07
    Selasa, 7 Oktober 2008 pukul 5:19 am

    aneh emang, justru band pop kalo konser bs makan korban banyak. Beberapa kali gw dateng ke konser band yang keras malah gak ada korban.

  4. 4 kecoakmelet
    Selasa, 7 Oktober 2008 pukul 10:13 am

    ada wanita ada pria = nonton bareng, panas-sesak-emosi-terinjak, tawuran dech

  5. 5 alid abdul
    Selasa, 7 Oktober 2008 pukul 11:47 am

    hayah hayah… mending di rumah nonton teletubis

  6. Selasa, 7 Oktober 2008 pukul 11:53 am

    @ironepunx

    turut berduka wan seandainya pihak aparat mau ferr😦

    @bantez07

    ane juga heran om:mrgreen:

    @kecoakmelet

    kasian wanitanya😉

    @alidabdul

    berpelukan😆

  7. 7 ick
    Selasa, 7 Oktober 2008 pukul 1:29 pm

    ah…memang seperti itulah mental bangsa ini bang… kalau ndak bikin kerusuhan ndak afdol rasanya…

    salam jari tengah aja deh buat para perusuh yang doyan bikin ribut…

  8. Rabu, 8 Oktober 2008 pukul 11:42 am

    @ick

    salam dua jari buat bang ick🙂

  9. Rabu, 8 Oktober 2008 pukul 5:50 pm

    mampir lagi ah…
    rick…lebaran topat kemana???
    ndak nonton NYMPHEA tanggal 11 di praya???

  10. Kamis, 9 Oktober 2008 pukul 12:19 pm

    habisin DVD bajakan yang belon ane tonton wan:mrgreen: lumyan dapat undangan makan topat dari batur2😉 .

  11. 11 franciska dyah
    Kamis, 9 Oktober 2008 pukul 5:30 pm

    yeah, memprihatinkan sekali, kerusuhan di konser band2 cengeng…😦

    ngomong2 soal musik musikalitas tinggi, mari mampir ke blog saya, ada cerita bernuansa musik🙂

  12. Minggu, 12 Oktober 2008 pukul 9:58 am

    mari kita coba untuk bikin konser di ruangan macam theater – ada tempat duduknya – jadi semua bisa nonton (atau ketiduran) dengan tenang

    mungkin bisa dibuat UU-nya hehe (perlindungan konsumen)

  13. Senin, 13 Oktober 2008 pukul 11:40 am

    @47isdead

    boleh tuh !

    uuppk ( undang undang perlindungan penonton konser 😆 )

  14. Senin, 13 Oktober 2008 pukul 12:42 pm

    aneh memang..
    sebenernya apa yang bikin orang2 yang nonton konser itu pada rusuh ya?
    soalnya musiknya aja sama sekali gak membuat kita bergoyang (nganggukin kepala aja nggak)..

  15. 15 skcuf boy
    Minggu, 16 November 2008 pukul 9:06 pm

    band cengeng konser????
    bkin ngantuk j….ZZZZZzzzzzzz…ktduran……abis tuh ngimpi nggebukin orang,jadi deh nggebukin beneran…..
    itulah asal muasal kanapa waktu konsernya band cengeng selalau j d kerusuhan….
    band punk konser???????
    bkin mata melek,jingkrak2,pikiran seneng………..nyanyi deh bareng2……senggol kanan kiri no problem….
    punk is my life…
    band cengeng kiss my ass!!!!!!

  16. 16 sandy
    Rabu, 3 Desember 2008 pukul 2:39 am

    bingung nonton konser band cengeng apanya sih yang dilihat.
    -aksi panggung gak ada
    -lagunya ngikiutin rekaman banget
    -gak ada improvisasi
    kalau konser skillful (musik klasik, jazz, bluess, metal,punkdsb,dll)
    -asyik lihat para pemainnya memainkan musik (alt musiknya)
    -aksi panggung yang keren
    -bisa bergoyang sepuas hati (ngikutin musik)
    -ngilangin semua emosi (lampiaskan semua dengan hedbanging, sampe ketombe pun ikut hilang)
    hehehehehehe

  17. Senin, 22 Desember 2008 pukul 7:00 pm

    Knp ribut? Krna ga ad equal respect nya.

    Band pop hnya mmentingkn uang. Yg pnting duit skill belakangan. Sukses dgn cara instan bung.

    Sbagai punker saya yakin ntar lagi band saya bakal membunuh semua pop stars indonesia. Hahaha

  18. Selasa, 13 Januari 2009 pukul 2:47 pm

    menurut gue music cengeng itu betul2 mbosenin bikin gue gampang frustasi,bahkan mau muntah.ughhh pokoknya nggak banget buat gue!!! apa lagi sampe’ terlibat tawuran ughh ndeso tuh katrok banget

  19. Rabu, 14 Januari 2009 pukul 9:25 pm

    bagus sobat.. and kunjungi jg web gw ga klah abis.. di mp3punkwerix.multiply.com oce..

  20. Sabtu, 2 Mei 2009 pukul 10:13 pm

    sip!!!!!!!!` band cengeng cuma bisa bikin bangsa ini makin terpuruk krna lagunya bikin mental org kaya kaleng hombreng

  21. Selasa, 12 Mei 2009 pukul 10:51 am

    Aaaaahhh loe kagak pada liat apa, yg bikin rese’ kebanyakan penonton yg pada pake kaos item ato merah tulisannya Metallica or Sepultura or Iron Maiden or Hallowen. Ngapain pake kaos gitu nonton konser Kangen Band ato ST12 ato Hijau Daun? Salah beli tiket? Ato mo pamer nih gue anak gaul, abis mabok. Kalo mau kagak rusuh, nonton Wayang Kulit pa Konser Keroncong noh. Nonton Punk? Busyeeeettt, mata gue kecolok ama rambut landak. Udah baju kagak pernah ganti, kayak yg selalu lewat depan kampung gue yg lama2 bugil karean udah keabisan ide nyobekin baju.

  22. 22 Anonim
    Kamis, 15 Oktober 2009 pukul 2:05 am

    punk palopo sangat mencintai kedamaian, musik punk rock adalah kesukaan ku, I LOVE YOU PUNK.

  23. Minggu, 25 Oktober 2009 pukul 8:28 pm

    dasar band cengeng, pantesan musik indonesia tak maju maju karna band band nya pada bawaain lagucengeng semua.you right mas erick!ha ha ha!guenambahin lagi:kerispatih,wali,potters,domino,lyla,hijau daun,dan masih banyak lagi.

  24. 24 Radex jprut's
    Minggu, 29 November 2009 pukul 12:40 pm

    (Kalo lo band banci pake baju pink) ngak usah pake dandanan rockstar. Ngerusak image rocker indonesia aja.

  25. Rabu, 30 Desember 2009 pukul 12:10 pm

    Sip gan…mang konser band indonesia bermacem-macem suasana…saat konser band underground tingkat tawurannya malah sedikit..eh mlah yang nonton konser Ungu, Hijo Daon bahkan Ridho Rhoma malah tunjek-tunjeken..kesenggol dikit dah gengsi..gengsi coz da mabok ngerasa da keren sendiri, dah paling gaol.mana yg nonton konser band cemen pake style pengen-Emo ada yg pake mohawk pake rantai penghubung pantat ke kemaluan dll. malah bikin muntah..mgkn mang kepengaruh budaya sinetron ya anak muda gaul di Indonesia saat ini.

  26. 26 jenggo THE LOSER PUNK
    Kamis, 31 Desember 2009 pukul 12:38 pm

    ma’dikipe emang dah band katro macam KANGEN BEN, ST12, WALI, dia ga nyadar diri tuh ! kupret !

  27. 27 taufan
    Jumat, 22 Januari 2010 pukul 3:39 pm

    why…..????
    band-band cengeng emang banyak tp kn g smua’a……

  28. Rabu, 1 Desember 2010 pukul 11:29 pm

    badan bertato lg nya cengeng ky lg ibu tiri ajja rambut di punk aduh parah
    ajja lg deh band indie…?????

  29. Minggu, 17 Juli 2011 pukul 6:53 pm

    mskipun gw cwe,, gw bgGa jd nak punk. Byk pnglmn yg mNynangkn bgi gw N’ gw jg ska bgt mUsik punk spRti khdupN gw slma nie….. Gw bNci bgt dNgr’n muzik ceNgeng yg cRita’y kbyakan tNtang cinta_

    Punk jgn di pNdang sbLah mata,, krna punk pya s0ldaritas yg tigGi…

    Ayo punk bNgkitlah. , bangkit. , bangkit. , dan bangkit

  30. 30 Anonim
    Kamis, 18 Agustus 2011 pukul 1:11 pm

    anak punk lo boleh tau ank punk pertama kali di bentuk di mana sih

  31. Senin, 1 September 2014 pukul 4:07 am

    jngan sampai menyerah
    saudara saudara ku trs
    mengejar mimpimu

  32. Senin, 1 September 2014 pukul 4:09 am

    kapan ada kongser lg nyaudara saudara ku trs
    mengejar mimpim


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


Oktober 2008
S S R K J S M
« Sep   Nov »
 12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
2728293031  


%d blogger menyukai ini: