01
Okt
08

tawuran = budaya primitif !

salah satu penyebab bangsa ini susah bangkit dari keterpurukan adalah betapa sulitnya mancari ruang2 dialog dalam menyelesaikan masalah yang menyangkut kepentingan bersama. tujuan yang awalnya adalah mencari solusi ato jalan keluar lewat dialog akhirnya tidak tercapai karena kebuntuan proses berpikir masyarakat yang enggan mendesain suatu gagasan2 yang bersifat berkeadilan. proses berpikir masyarakat indonesia pada umumnya adalah menerima apa yang telah menjadi warisan nenek moyang dan petunjuk agama ( lebih cenderung ke pengertian simbolik ). tampa adanya kemauan mengkaji dan menemukan formula yang baru agar di aplikasikannya secara lebih elegan untuk kepentingan saat ini.

pokoknya apa yang menjadi petuah leluhur dan para pemuka agama adalah sah dan mutlak ( lebih cenderung ke pengertian simbolik ). sebaliknya yang bersebarangan akan dianggap sesat dilarang dan harus dimusnahkan. meskipun pendapat yang bersebarangan itu mempunyai maksud yang mulia yaitu untuk keadilan bersama atas dasar kemanusiaan.bukankah metode larang dan musnahkan suatu kepercayaan sudah digunakan sejak jaman barbar hingga sekarang, yaitu untuk menjaga integritas suatu  kepercayaan di lingkup bangsa yang berbudaya.kenapa kita masih menggunakan metode non demokratis tersebut? yang realnya sangat banyak menimbulkan gejolak2 di tengah masyarakat, yang sarat akan kekerasan dan fanatisme berlebihan oleh suatu kelompok.tampa mau untuk berlapang dada dan terus mengkaji dengan menggunakan logika yang lebih relevan yaitu mencari solusi yang real sesuai dengan perhargaan terhadap kemanusiaan dengan cara dialog.

hal2 diatas turut memicu mandegnya proses berpikir dan  berintropeksi diri. tumpulnya karya para pemikir baru sehingga tidak ada acuan yang di ambil berdasarkan situasi yang berkembang saat ini. karena metode2 penyelesaian masalah sudah diambil ( dan bersifat mutlak ) dari gagasan warisan leluhur dan dari para pemikir agama yang notabene agama merupakan suatu gagasan atau produk2 tempo doeloe. bukan gw berpendapat bahwa warisan2 leluhur dan agama itu adalah salah dan tidak tepat.gw setuju  warisan leluhur dan agama  merupakan tolak ukur yang bukan saja bagus tapi mulia jika di jadikan acuan dalam memecahkan suatu permasalahan ( problem solving ) masa kini, tapi bukan harga mati dan ketetapan mutlak. karena jika suatu keputusan jika di tetapkan secara mutlak berdasarkan sudut pandang agama atau budaya tertentu di lingkup yang heterogen dan plural maka akan menimbulkan ketidakadilan dan cenderung pada pemaksaan. yang jangka panjangnya akan menimbulkan konflik terbuka yang tentu saja menimbulkan banyak korban manusia.

dari mandegnya proses berpikir masyarakat akhirnya timbul suatu wacana berpikir yang simpel dan cenderung diskriminatif ( pendangkalan opini ) sehingga sulit mencapai ruang dialog yang dialogis.sehingga jalan pintasnya adalah kekerasan, salah satunya adalah budaya tawuran yang sebenarnya adik dari budaya perang,anak dari budaya adu domba dan cucu dari budaya primitif.satu keluarga komplit!
sejarah telah mengajarkan bawah suatu faham ideologi, dan teologi ( agama ) yang cenderung di paksakan ke peradaban yang berbeda. paling banyak menimbulkan pertumpahan darah dan korban jiwa. jutaan nyawa telah melayang demi faham, ideologi dan teologi ( agama ). pemusnahan ras manusia dan kejahatan besar lainnya adalah proteksi integritas dan pemaksaan penyebaran demi menjaga kesucian suatu faham, ideologi, ato agama.

umumnya generasi muda hanyalah sebagai konsumtif dan pemakai hukum2 yang telah di buat oleh generasi pendahulu.tampa berusaha untuk mengkaji dan menelaah per item yang menjadi acuan. semua hukum di ciptakan untuk menegakan keadilan dan penegakan supremasi hukum itu sendiri. tapi tidak semua hukum itu mempunyai solusi nilai keadilan. karena pada dasarnya hukum yang dibuat oleh para pendahulu adalah hukum yang berdasarkan kondisi pada saat itu.  kita sebagai generasi muda seakan menjadi tentara2 temporary yang siap di pakai jika negara menyatakan perang ke negara lain demi menjaga integritas hukum bangsa ini, yang belum tentu bangsa lain bisa menerimanya. masih ingat waktu timor leste masih bergabung dengan indonesia sebagian dari masyarakat sana menggangap bangsa indonesia sebagai penjajah, dengan menyebut “orang indonesia” dengan sebutan  javanese ( java penjajah komponis ) .

dialog! itu yang penting tampa harus meninggalkan asas kepentingan bersama. bersikap saling menghormati dengan asas saling menghargai perbedaan. gw yakin jaman terus berubah dan manusia akan terus mencari dan terus mencari solusi2 yang terbaik. sejarah merupakan refleksi penting untuk kita mau berintropeksi diri dan belajar dari sejarah,sejarah juga telah mengajarkan betapa pemaksaan suatu faham atao teologi yang bersifat pelanggaraan HAM, akan selalu memicu ketidakadilan dan pertumpahaan darah yang luar biasa, yaitu pemusnahan suatu ras manusia. bukankah itu yang terjadi sekarang yang di lakukan oleh para teroris dengan dogma kafirnya, dan oleh para kaum fundamentalis agama, yang seakan – akan menjadi tuhan di dunia ini.

kita tentu ingat sejarah perang salib, sebagai akibat dari dominasi agama ke dalam sendi2 kehidupan masyarakat. agama dijadikan acuan sehingga pemimpin2 gereja yang selalu membawa nama tuhan bisa bertindak seenaknya,ini merupakan salah satu kesalahan sejarah yang menjadi pelajaran yang sangat berharga. bahwa pemaksaan suatu ajaran agama ke sendi2 kehidupan berbangsa dan bernegara  merupakan suatu kemunduran dan bukan solusi yang selalu cerdas dalam memecahkan suatu problem yang kompleks dan heterogen.tidak ada kebenaran yang mutlak.tapi ada baiknya semua kebenaran2 itu kita kumpulkan dan kita modifikasi sesuai dengan kebutuhan dan perkembangan jaman, tampa harus meninggalakn nilai2 luhur yang telah di buat oleh generasi sebelumnya bahwa semua ini untuk kemanusiaan dan pengembangan kemanusiaan itu sendiri.


39 Responses to “tawuran = budaya primitif !”


  1. Rabu, 1 Oktober 2008 pukul 10:04 pm

    @all
    Selamat Hari Raya Idul Fitri 1429 H, Mohon Maaf Lahir dan Batin,
    Selamat berlibur bersama keluarga bagi yang bisa🙂
    hati2 di jalan guys:mrgreen:

  2. Rabu, 1 Oktober 2008 pukul 10:12 pm

    Om Om OM Om OM….
    mohon mangaph lahir dan batin juga ya:mrgreen:

    lebaranku kali ini masih sama kayak 3 tahun yang lalu….mendekam di warnet😦

  3. Rabu, 1 Oktober 2008 pukul 10:24 pm

    @ironepunx

    sabar aja dikz….
    yang di jogjga ga ketemu dunkzzzz:mrgreen:

  4. 4 bantenz07
    Senin, 6 Oktober 2008 pukul 11:11 am

    Wah, ini dia blog yang bagus, isinya berbobot, mohon maaf lahir batin mas erick. Saya uda mandek ngeblog, ini baru coba mulai lagi

  5. 5 bantenz07
    Senin, 6 Oktober 2008 pukul 12:20 pm

    saya baru pertama pake wordpress nih, caranya bikin “lanjtkan membaca…” itu gimana sih ?

  6. Senin, 6 Oktober 2008 pukul 12:56 pm

    @bantez07

    alt+shift+t

    btw selamat datang om:mrgreen:

  7. 7 bantenz07
    Selasa, 7 Oktober 2008 pukul 5:14 am

    sama2, haha saya sudah pindahin blog saya yg dulu anarchy-rocknroll.com jadi anarchyrocknroll.wordpress.com, hahaha, maklum ga punya duit… uda ga hosting sendiri skrg

  8. 8 4gUnk_casualties
    Sabtu, 1 November 2008 pukul 11:10 pm

    ini blog yang bagus tp di blog ini perlunya di tambah dengan koleksi-koleksi foto anak punk-nya biar lebih asiik, udah bs baca tentang anak punk bisa juga ngelihat foto-foto anak punk-nya…

  9. Minggu, 2 November 2008 pukul 12:11 pm

    @ 4gunk_casualties

    oke brur😉

  10. 10 caferunanc
    Minggu, 28 Desember 2008 pukul 10:01 pm

    hahahahahahha…
    mantap..:D

  11. 12 independent
    Minggu, 17 Mei 2009 pukul 3:05 am

    aku suka segala jenis musik dan akau adalah pengmat musik

  12. 13 bagong
    Jumat, 24 Juli 2009 pukul 11:30 am

    smw anx2 funk krn cayo trs okkkkk
    I LOVE FUNKERS

  13. Kamis, 30 Juli 2009 pukul 12:09 pm

    hiiiiiiiiiiiiiii anak punk sluruh ina no 9ak dngar crita gua,neeee crita tntang 3 anak punk skali gus 3 shabat,1 brnama yogi ta2 pradita/yogi karo yakni pembangki nx kembali anak punk kota hujan /padng pjank /biasa di sebut papa rook krna tlah 2th kblakang punk di pa2n tlh di musnah kan ,lalu kmi br3 tak mo itu terjdi kami tidk mou anak punk di hncur kn oleh generasi bru yakni sjenis emo stle ,krna yg mbwa gnerasi itu bkn dri pribumi melain kan dri kota lain tappe!~ yg d lakukan generasi itu sucses smua rmaja di kota kami mou mengikuti aliran nx krna aliran itu sngat jauh dri kmi penampilan nx pun tdak di hntikan oleh masyarkat yg sngat bersih tidAK SMA SDIKIT pun dgn kmi yg kotor,namun usaha tman sya ini tak sia dia berhasil mendapat tman yg bernama sndy dia juga sma tujuan dng yogi lalu yogi mengajak sya brgabung n sya pikir bgus juga tjuan nx lalu kmi bangkit n membrantas emo2 yg ada di pdng pjng lalu kmi pun sucses akir nx pun punk2 kembali bersatu di mpa2 sdikt crita drim saya by; PAK3T 21 SCE ilove punk rook

  14. 15 dicka
    Selasa, 6 Oktober 2009 pukul 6:10 am

    unTuK punK haRaP JnGan TawUraN Oi………..
    LawaN pEnInDaSan cuY……….fUcK The PoLiCe

  15. Jumat, 20 November 2009 pukul 4:00 pm

    haiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiii salam knal aja ya om hehehehehehe

  16. 17 mala
    Minggu, 14 Februari 2010 pukul 1:08 pm

    knpa klian mau mngikuti anak2 punk

  17. Minggu, 14 Februari 2010 pukul 8:47 pm

    kami bukan mengikuti punk tp,punk yg mengikuti kami. Yang masuk melalui jalan pikiran yg diteruskn menuju urat saraf serta nadi, hingga berakhir di titik inti jiwa&melekat dalam kehidupan kami… semua idealis punk ada dalam benak.
    Terkcuali para borjuis serta kemapanan,mereka tk akn prnh tau pahit,perih ny prjuangan khidupan kami. . .yg slalu di injak2 oleh kerasny hdup ini.
    Punk. . .penampilan mu sangar,hidup mu bebas, , ,
    tapi hati dan pikiran mu terbelenggu oleh ketidak adilan. . . deudeuh teuing. . . brsbar lah kawan,trus kn smangat perlawanan mu.
    Punk in my life

  18. Selasa, 16 Februari 2010 pukul 2:48 pm

    utk ank punk keren abweissssszzzz………………..

  19. Senin, 1 Maret 2010 pukul 5:55 pm

    punk cuy lawan koruptor di negara kita jangan tawuran terus damai… damai… damai… hidup anak punk oyoyoyoyoyoyoyoyoyoyoyoyoyoyoyoyoyoyoy

  20. 21 ateng
    Selasa, 2 Maret 2010 pukul 2:22 pm

    salam marjinal

  21. 22 ateng
    Selasa, 2 Maret 2010 pukul 2:23 pm

    apa kabarmu hai kawan

  22. 23 ateng
    Selasa, 2 Maret 2010 pukul 2:26 pm

    anak punk ad geng ku siapa yg berani

  23. 26 IBO PUNK NOT DIE
    Kamis, 17 Juni 2010 pukul 3:28 pm

    SUKSES TRUS DUNIA PUNK NOT DIE LUPAIN TUEMO UDAH KAYA BANCI AJA………………………………………………………………………………………………………………..EMO BAGAIKAN BANCI YANG NGAK POENX HARGA DIRI

  24. 27 ayi street punk oi
    Selasa, 13 Juli 2010 pukul 1:36 am

    hiiiiiiiiiii punk indo lwan lah smua pnndsan dan jngan lh klian mnyrah…………

    FUCK EMO KONTOL………………….

  25. 28 rachmad
    Kamis, 17 Februari 2011 pukul 4:11 pm

    hai para anak punk jangan menyerah lawan satpol pp

    satpol pp joeancok asu anjink

    satpol pp banci gak puxa moral

    kita bantai saja satpol pp

    salam anak punk surabaya oyoyoyoyoyoy

  26. Selasa, 28 Juni 2011 pukul 3:20 pm

    Salam Buat Semua Anak Punk,,,
    Blitar Kok Ga Ada Kabarnya…..????
    Kawi Youth Crew ???
    Samsat Drunk Area…???

  27. Jumat, 28 Oktober 2011 pukul 9:26 pm

    ko anak punk diem mulu di rumah itu berarti bkan anak punk namanya anak mami

  28. 32 Anonim
    Rabu, 4 Juli 2012 pukul 2:20 am

    Salam buat Punk. Rock

  29. 34 Anonim
    Rabu, 20 Maret 2013 pukul 12:53 am

    hidup anak funk………….

  30. 35 Anonim
    Sabtu, 27 April 2013 pukul 9:57 pm

    sesama anak punk indonesia janganlah saling bermusuhan lah bro tingkatkan budaya indonsia …………,,,,,,,woyo woyo woyo men ….,,,,,??????

  31. 38 Anonim
    Senin, 11 November 2013 pukul 1:21 am

    jiwa punk slalu di hati qw.
    salam oi-oi .

  32. 39 Asan
    Senin, 23 Desember 2013 pukul 9:46 pm

    Terus Anak punk kita jangan meyerah by hasan dari serang kc.cirus kita harus perkosa anak sby


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


Oktober 2008
S S R K J S M
« Sep   Nov »
 12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
2728293031  


%d blogger menyukai ini: