22
Agu
08

indonesia bukan hanya untuk jakarta !

 

ilustrasi !

dari sabang sampai merauke berjajar pulau – pulau..
sambung menyambung menjadi satu itulah indonesia..

lagu yang sering gw nyanyikan sewaktu gw SD dulu di pelosok desa  bernama bobonaro bagian dari wilayah propinsi timor – timur .sekarang telah berubah menjadi satu negera yang berdaulat bernama timor leste😉 dan nama kabupaten itu pun telah berubah menjadi distrik bobonaro.
wokeh kali in bukan tentang masa kecil  gw selama 13 taon di timor – timur ( sekarang timor leste ) tapi ke salah satu pulau terluar indonesia yaitu pulau mapia dekat papua berbatasan langsung dengan Republik kepulauan palau.

kata pak dhe gugel : 

 P.P. Mapia yang merupakan gugusan 3 pulau yang berbentuk Atol yaitu pulau Fanildo, P.Pegun (kedianya berpenduduk) dan P. Bras. Gugusan ketiga pulau ini membentang 8,5 mil dari utara ke selatan, dimana dipulau yang paling utara yaitu P.Fanildo terletak titik dasar (base point) No. 072 dengan posisi 00-56-55 LU – 134-17-44 BT. Secara vertikal ke utara P.P. Mapia berhadapan langsung dengan Negara Kepulauan Palau, dengan jarak P.P. Mapia – Palau sejauh 380 mil.
Bila kedua negara masing-masing menetapkan ZEEnya (200 mil) maka akan terjadi tumpang tindih (overlap) pada median line antara kedua negara. Hingga saat belum ada perjanjian resmi antara kedua negara, baik wilayah ZEE maupun landas kontinen. Pada sekitar tahun 1996 Negara Palau pernah mengumumkan (secara sepihak) tentang wilayah perikanan mereka selebar 300 mil, yang berarti wilayah ini masuk jauh ke ZEE Indonesia yaitu jarak kedua negara sebesar 380 mil lalu diklaim sebagai wilayah perikanan 300 mil ke arah selatan (Indonesia).

 kalo di liat di peta negara indonesia dengan skala 1 : 12.000.000 maka pulau ini ga bakal keliatan:mrgreen: tapi jangan heran pulau ini sudah menjadi target dari negara laen untuk di ambel. tentu lo masih ingat pulau si padan ligitan yang di ambel oleh negara malaysia, atas keputusan PBB berdasarkan siapa pengelola terakhir pulau itu. ironi khan pulau yang nyata2 milik kita tapi karena dari dulu pemerintah ga pernah mengelola dan mempertahankan aset2 bangsa yang telah susah payah di pertahankan oleh pahlawan dan para founding father😉 akhirnya dengan mudah di ambil oleh negara laen.
Berdasarkan data pada 2005 dari 17.504 pulau yang dimiliki Indonesia, 9.634 pulau di antaranya belum memiliki nama.piye toh ! udah 63 taon kita merdeka masa tanah tumpah darah sendiri kita lupakan.timor – timur, sipadan-ligitan, salah satu bukti rasa cinta tanah air kita perlu di pertanyaakan? ooooo i kno mungkin tunggu tiga, empat ato lima pulau lagi baru kita sadar dari tidur kita selama ini.hmmmmmm tapi nyang megang kekuasaan selama ini khan kebanyakan orang2 yang ada di parlemen,yang sibuk ngomongin repelita, gotong royong, indonesia bersatu ! sibuk ngomongin kebebasan kedaulatan bangsa laen, eh kedaulatan bangsa sendiri belon di perhatikan.sekali lagi timor – timur, sipadan ligitan menjadi bukti.

pulau kecil terluar di Indonesia berjumlah 92 dan tersebar di 20 provinsi di 38 kabupaten. Dari jumlah itu, hanya 40 persen yang berpenghuni. Jumlah tertinggi ada di Kepulauan Riau, sebanyak 19 pulau, 18 pulau di Maluku, 11 di Sulawesi Utara, 6 di Papua dan Nanggroe Aceh Darussalam, sementara sisanya tersebar di 14 provinsi lainnya.

 okeh kembali ke mapia tadi, gw sempat nonton di salah satu stasiun TV kemaren, gila keren banget pulau  itu mirip2 hawai gitu:mrgreen: pasirnya putih pantainya indah ga kalah ma kuta bali😉. penduduknya ada ratusan kk. cuma cerita mirisnya, selama ini pemerintah belom begitu memperhatikan mereka. pendekatan yang di lakukan cenderung ke keamanan ( seperti menempatkan beberapa personel marinir di pulau itu ). tapi tidak ke kesejahteraan masyarakatnya. sarana infrastruktur sangat minim bahkan tidak ada.

 untuk pendidikan, gurunya di sana cuma satu orang😦 guru sd itupun putra daerah sana. gila gw sempat terharu ma anak2 SD sono pas nyanyiin lagu kebangsaan indonesia raya dengan semangat dan rasa cinta mereka terhadap indonesia, bahkan salah satu tokoh masyarakat sono pas di wawancarain make iikatan kain bendera merah putih di kepalanya. “kami masih mencintai indonesia” katanya.

bangga sekaligus sedih !

referensi :

www.papua.go.id

www.prakarsa-rakyat.com

koran tempo


26 Responses to “indonesia bukan hanya untuk jakarta !”


  1. Jumat, 22 Agustus 2008 pukul 9:08 pm

    pulau terluar emang harus dijaga betul-betul, karena apabila diserobot negara laen tentunya sangat berpengaruh untuk penghitungan kembali garis batas negara .

    keknya laut di timur indonesia emang cantik-cantik ya Rick..?

    Bener juga yang kamu bilang..penduduk didaerah pedalaman atau pulau terpencil masih kurang dipedulikan. Dari masalah pendidikan ato fasilitas-fasilitas pokok laennya . :miris: Pembangunan masih terpusat dikota-kota besar .

  2. Sabtu, 23 Agustus 2008 pukul 6:36 am

    ya seperti pake pakaian tapi untuk kepala saja, (kepala kebawah telanjang, diakses orang2)
    kalau suatu saat indonesia kehilangan jakarta, mungkin saat itu indonesia bisa maju.

  3. Sabtu, 23 Agustus 2008 pukul 10:36 am

    @regsa

    cantik dan mempesona sa:mrgreen:

    @47isdead

    ato pindahkan saja jakarta ke jogja:mrgreen:

  4. Minggu, 24 Agustus 2008 pukul 2:47 am

    Beberapa hari lalu nonton tentang ini di Metro TV🙂

  5. Minggu, 24 Agustus 2008 pukul 3:26 am

    wow…. pernah tinggal di yang jauh2 gitu euy… pengalaman menarik…

  6. Minggu, 24 Agustus 2008 pukul 9:18 pm

    ilang lagee…nech kayaknya brur…:)
    gw juga kmaren ngeliat acara yang sama….
    kasian…mereka yang ada disana….:(
    gw spakat sama lu brur, yang didapetin mereka malah pendekatan keamanan bukan kesejahtraan….
    kayaknya kalau mereka di iming-imingin dengan kesejahtraan sama pihak asing…gw yakin mereka milih ke negara lain…..
    hari gene brur….:) ga da kesejahtraan minggat aja….
    mari kita pindahkan ibu kota ke jogja….:)

  7. Senin, 25 Agustus 2008 pukul 7:12 am

    Hiduplah Indonesia Raya..
    Serasa malu tuk mengumandangkannya.
    Benarkah esensi dari lagu itu masih berlaku?

    Hai,salam kenal.

  8. Selasa, 26 Agustus 2008 pukul 2:40 am

    mau bagaimana lagi bro kalau seluruh kegiatan ekonomi itu tertumpu di jakarta🙂

  9. 10 Martha Andival
    Kamis, 28 Agustus 2008 pukul 3:43 am

    OM…. Saya suka ilustrasinya, jadinya terbaca tulisan berbobot disini… keren..

    tapi OM kelompok rambut2 aneh yaaa hehhehehe….

    salam kenal saja

  10. Kamis, 28 Agustus 2008 pukul 11:20 am

    @martha andival

    saya kelompok landak mas😆
    eni wei salam kenal🙂

  11. Kamis, 28 Agustus 2008 pukul 4:03 pm

    seharusnya jakarta ada untuk indonesia.

  12. Minggu, 31 Agustus 2008 pukul 9:33 am

    emang miris, rick..
    bangsat-bangsat yang mengaku ‘wakil’ itu malah sibuk ngurus kenaikan gaji blablabla..

  13. 14 mylongjourney
    Minggu, 31 Agustus 2008 pukul 4:55 pm

    om numpang lewat.baru pulang abis jalan2 neh..

  14. Selasa, 2 September 2008 pukul 1:48 am

    “kota adalah pertumbuhan,desa adalah kenyataan. desa dan kota tak terpisahkan,tapi desa harus… diutamakan!!”
    :fals mode on:

  15. Selasa, 2 September 2008 pukul 7:41 am

    hohoho jadi asyik baca lagi posting ini. memang agak kepikiran juga perlakuan indonesia pada pulau2 terluar. dulu terlalu sentralistis namun sekarang (konon) perlakukan bagi bagian nkri luar jawa lebih baik. Masih inget dulu soal dikotomi jawa dan luar jawa. Makanya sy sedikit menantikan presiden kita itu dari luar jawa. Misalnya kalimantan, atau malah papua dan aceh sehingga pemerintah yg berkuasa bisa lebih memedulikan daerah luar jawa.

  16. Sabtu, 6 September 2008 pukul 12:55 am

    makanya aku suka sistem ekonominya yang “tolong-menolong”

    karena mungkin merupakan satu2nya sistem ekonomi yang ekonomis

    yang artinya “yang kecil” tak perlu mengeluarkan banyak waktu dan tenaga (dan biaya) untuk jadi “besar”

    dan kalau semua “yang besar” (menurut kalimat diatas) membantu semua “yang kecil”, maka secara overall bangsa ini akan menjadi “besar” dalam waktu relatif singkat

    jual perahu karet di jakarta = … (beneran nih?)

  17. 20 baby punk
    Sabtu, 1 November 2008 pukul 12:01 pm

    punk takan prnah mati

  18. Kamis, 18 Juni 2009 pukul 9:44 am

    hay para anak punk, gimana nih kalian punya kabar ????

  19. Kamis, 18 Juni 2009 pukul 9:45 am

    oh ye cahyoo yah ye buat all anak punk in world. I LOVE PUNK

  20. 24 risnani
    Kamis, 31 Desember 2009 pukul 7:51 pm

    hay slam knln zz
    gw nani


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


Agustus 2008
S S R K J S M
« Jul   Sep »
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
25262728293031


%d blogger menyukai ini: