02
Agu
08

tiga bulan di adam air ! dan kilo kilo whiskey

sebenernya nih cerita pas waktu gw kerja di adam air perusahaan penerbangan yang yu kno lah:mrgreen:
awalnya gw rekrutment dari Daerah. desember 2006 yang waktu itu terkirim sebanyak 24 orang termasuk gw.kondisi gw nyang saat itu ( menganggur:mrgreen: ) akhirnya memutuskan untuk menerima tawaran kerja di perusahan itu hijrah ke jakarta , tanpa pikir panjangšŸ˜†

awal pertengahan desember 2006 gw udah mulai kerja setelah masa training 2 minggu. kebetulan gw waktu itu di tempatkan di terminal 1c gate 4 sebagai ground staf, bagi anda2 yang sering naek pesawat murah seperti adam air jika dari jakarta ke daerah, tentu tidak asing lagi dengan terminal 1c soekarno hatta yang lebih mirip terminal bus:mrgreen: .

kerjaan gw jadi ember kalo lagi delay, dimarah-marahin penumpang yang kesal,tukang sobekin tiket penumpang pas lagi boarding , trus teriak2 di koridor kalo pas waktu boarding ( nybutin nama tujuan kota ) lebih mirip kernet…. ya u kno lah… kita harus secermat mungkin biar ga ada penumpang yang ketinggalan pas boarding, kalo ampe ada penumpang ketinggalan ,resikonya kita nyang nombokin tiket penumpang ( pernah waktu itu gw nombokin tiket penumpang ke medan 500 rebu ). trus gw juga nyang tukang angkatin tas penumpang sambil lari2 dari depan chek in ke parking stand pesawat kalo ada penumpang LMC ( last minute chek ) wah nih mah harus gesit biar ga nombokin tiket penumpang lagi, karena kalo door closed penumpang udah ga bisa masuk pesawat.

waktu masih aktip eh maksudnya waktu masih adam air rame2nya tuh penumpang bisa sampe over… bahkan gatenya ( ruang tunggu penumpang untuk boarding ) bisa ampe full..penumpang ampe ada yang tidur di koridor:mrgreen: .

oke to the topic:mrgreen: tepat tanggal 1 januari 2007 kebetulan di schedule gate gw, gate 4 mendapat tugas untuk boardingin penumpang tujuan surabaya dengan nomor penerbangan kI – 176 ( pas di surabaya ganti no penerbangan menjadi KI-574 ) boarding nya jam 11san kebetulan tuh flight terakhir untuk gate gw ( 1 hari gw boardingin 8 ampe 9 flight ) itupun kalo ga salah coz udah lama banget * lupa angka *. nama pesawat yang di pake PK – kkw ( kilo kilo whiskey ) warna bodynya putih – biru bukan orange . nah kebetulan tuh pesawat setelah transit dari surabaya langsung ke sulawesi.

sebelum boarding gw sempat ngobrol ma penumpang yang tujuan sulawesi, gw lupah namanya nyang jelas perawaknnya kekar mirip tentara gitu. si bapak nanyain terus kalo dia ga pengen ganti pesawat setelah transit di surabaya. rupanya itu merupakan penerbangannya yang terkahir.

tepat jam 11 boarding dan setelah selesai boarding, seperti biasa gw harus minta tanda tangan APB ( actual pasangger board ) ke mba pramugari gw lupah namanya siapa:mrgreen: , hal yang biasa gw lakukan setelah boarding. sempat juga salam2an ngucapin met taon baru ma mba2 pramugari, yang gw denger si mba baru 3 bulan lulus jadi pramugari.
eh pas jam satuan gitu setelah gw nyampe di mes gw nyang di rawa bokor, gw di telp ma temen gw kalo flight yang gw handle tadi hilang. tiba2 gw teringat ma si bapak yang gw ajak ngobrol karena gw ingat betul penumpang dari jakarta yang ke sulawesi transit di surabaya ada lima orang, seminggu gw ga bisa tidur ngingetin muka para penumpang naas tersebut…..

2 bulan setelah kejadian itu gw memilih untuk resign karena banyak kebobrokan yang terjadi di sana. mulai dari kesejahteraan karyawan ampe pelayanan untuk para penumpang.

eni wei setelah di tipi2 di beritakan percakapan pilot ( yang masih di ragukan kebenarannya ) pada menit2 terakhir sebelum pesawat itu jatoh… gw teringat kembali pas terakhir kali boardingin pesawat naas tersebut. rupanya boarding terakhir PK – KILO KILO whiskey dari gate 4, merupakan awal dari kahancuran perusahan penerbangan adam air dan bagi para keluarga korban semoga di beri kekuatan dan untuk teman2 gw yang sekarang ga jelas nasibnya, gw yakin kalian bisa bangkit kembali. ini mungkin menjadi pelajaran berharga bagi kita semua.

Ā 


12 Responses to “tiga bulan di adam air ! dan kilo kilo whiskey”


  1. Sabtu, 2 Agustus 2008 pukul 8:45 pm

    gw merinding bacanya! serem banget rick! semoga mereka beristirahat dengan tenang di alam sanašŸ˜¦

  2. Sabtu, 2 Agustus 2008 pukul 8:48 pm

    setiap warga negara berhak atas keselamatan dan kenyamanan dalam pelayanan transportasi !

  3. Sabtu, 2 Agustus 2008 pukul 9:34 pm

    saya dulu juga pengguna setia adam air dulu rick, ya karena murah meriah itu..:mrgreen:
    keselamatan transportasi baik darat, laut maupun udara di negara kita perlu dibenahi .Dari kelaikan armada, perlengkapan safety dan sebagainya-sebagainya .
    Apalagi untuk pesawat ndak bisa dibikin maen2.. kesalahan bisa jadi menyebabkan terjun bebas badan pesawat kebawah..hiii mengerikan.

    btw.. aku jarang dolan kesini akhir2 ini smangkin produktip aja sampeyan..šŸ™‚

  4. Minggu, 3 Agustus 2008 pukul 11:59 am

    rick…itu cerita nyata ya???
    pengalaman pribadi kamu??

    *blo’on*

  5. Minggu, 3 Agustus 2008 pukul 12:13 pm

    @regsa

    tangan ku lagi gatal sa:mrgreen:

    @om sahatmrt

    suatu kebetulan aja om

    @ironepunx

    dulu ane kantornya di depan mp samping xl centre cakranegara ! eni wei tadi malam ane nongkrong di elienšŸ˜‰ minum secangkir dua cangkir * kopi *:mrgreen:

  6. Minggu, 3 Agustus 2008 pukul 6:35 pm

    apaan sih PK KILO – KILO Whiskey?

  7. Senin, 4 Agustus 2008 pukul 2:29 am

    Turut berduka juga..nice post
    *mang whiskey (merk minuman) ada yg kiloan yak..*

  8. Senin, 4 Agustus 2008 pukul 10:09 am

    @mylongjourney

    itu spelling alphabet bratha yang sering di gunakan dalam dunia airlines, biasanya untuk recomfirm, change scedhule, dsb…

    A = ALPHA
    B = BRAVO
    C = CHARLIE
    D = DELTA
    E = ECHO
    F = FOXROT
    G = GOLF
    H = HOTEL
    I = INDIA
    J = JULIET
    K = KILO
    L = LONDON
    M = MIKE
    N = NOVEMBER
    O = OSCAR
    P = PAPA
    Q = QUEBEC
    R = ROMEO
    S = SIEERA
    T = TANGGO
    U = UNIFROM
    V = VICTOR
    W = WHISKEY
    X = X- RAY
    Y = YENGKY
    Z = ZULU

    nah untuk PK – KKW di spell mejadi PAPA KILO KILO KILO WHISKEY
    biasanya disingkat menjadi kilo whiskey / kilo kilo whiskey

    nah nama2 pesawat yang di punyai adam air itu :

    PK – KKA
    PK – KKB
    PK – KKC
    PK – KKD
    PK – KKF
    PK – KKG
    PK – KKH
    PK – KKI
    PK – KKJ
    PK – KKL
    PK – KKM
    PK – KKN
    PK – KKO
    PK – KKQ
    PK – KKR
    PK – KKS
    PK – KKT
    PK – KKU
    PK – KKV
    PK – KKW
    PK – KKY
    PK – KKZ
    PK – KMA

    nama seperti diatas biasanya tertera di lambung bagian belakang pesawat ato di tutup roda depannya kalo lagi ngeground / ato lagi parkir:mrgreen: untuk tipe boingnya gw udah lupa setau gw PK – KKW yang jatoh di majene itu boing 737 seri 400, 176 seat

    untuk memper mudah biasanya kami menyingkat PK – KKW menjadi KILO WHISKEY begitu juga yang laen ( PK – KKC = kilo charlie, dll…)
    misal kalo gw di recorfirm ma bagian cek in counter ato bagian REM, sechedule gate 4 jam sekian boardingin BATAM, pake kilo romeo di charlie 44 artinya pesawat PK – KKR di parking stand C44:mrgreen:

    nah kalo contoh speel yang laen
    misal Q23HCCD = quebec angka 2 angka 3 hotel charlie charlie delta
    my long = mike yengky spasi london oscar november golf
    :mrgreen:

    @om gundala

    salam kenal om
    btw thanks udah maen2 kesinih:mrgreen:

  9. 9 Mas Kopdang
    Senin, 4 Agustus 2008 pukul 12:30 pm

    Lha sekarang om Ningrat gawe dimana?šŸ˜‰

  10. Senin, 4 Agustus 2008 pukul 12:47 pm

    saia mburuh di mataram jadi kuli duit om:mrgreen:
    btw salam kenalšŸ˜‰

  11. Rabu, 6 Agustus 2008 pukul 3:48 pm

    Gila, gw perna tuh naek Adam…
    Gw milih tidur selama perjalanan,
    mending mati dalam keadaan tidur…:D

  12. Sabtu, 9 Agustus 2008 pukul 2:25 pm

    @nish

    hmmmmm tapi tetep mati juga:mrgreen:
    salam kenal


Tinggalkan Balasan

Agustus 2008
S S R K J S M
« Jul   Sep »
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
25262728293031


