05
Jun
08

mahatma gandhi

lagi malas nulis dan speechless atas tindakan kekerasan yang akhir2 ini terjadi.

langsung aja maen comot dari tante wiki😆

Mohandas Karamchand Gandhi

http://id.wikipedia.org/wiki/Berkas:Gandhi_studio_1931.jpg

Mahatma Gandhi
Lahir 2 Oktober 1869
Porbandar, Gujarat, India
Wafat 30 Januari 1948
New Delhi, India
Ada pula film berjudul Gandhi, lihat Gandhi (film).

Mohandas Karamchand Gandhi (2 Oktober 1869-30 Januari 1948) (aksara Devanagari: मोहनदास करमचन्द गांधी) juga dipanggil Mahatma Gandhi (bahasa Sansekerta: “jiwa agung”) adalah seorang pemimpin spiritual dan politikus dari India.

Pada masa kehidupan Gandhi, banyak negara yang merupakan koloni Britania Raya. Penduduk di koloni-koloni tersebut mendambakan kemerdekaan agar dapat memerintah negaranya sendiri.

Gandhi adalah salah seorang yang paling penting yang terlibat dalam Gerakan Kemerdekaan India. Dia adalah aktivis yang tidak menggunakan kekerasan, yang mengusung gerakan kemerdekaan melalui aksi demonstrasi damai.

Biografi
Gandhi lahir pada 2 Oktober 1869 di negara bagian Gujarat di India. Beberapa dari anggota keluarganya bekerja pada pihak pemerintah. Saat remaja, Gandhi pindah ke Inggris untuk mempelajari hukum. Setelah dia menjadi pengacara, dia pergi ke Afrika Selatan, sebuah koloni Inggris, di mana dia mengalami diskriminasi ras yang dinamakan apartheid. Dia kemudian memutuskan untuk menjadi seorang aktivis politik agar dapat mengubah hukum-hukum yang diskriminatif tersebut. Gandhi pun membentuk sebuah gerakan non-kekerasan.

Ketika kembali ke India, dia membantu dalam proses kemerdekaan India dari jajahan Inggris; hal ini memberikan inspirasi bagi rakyat di koloni-koloni lainnya agar berjuang mendapatkan kemerdekaannya dan memecah Kemaharajaan Britania untuk kemudian membentuk Persemakmuran.

Rakyat dari agama dan suku yang berbeda yang hidup di India kala itu yakin bahwa India perlu dipecah menjadi beberapa negara agar kelompok yang berbeda dapat mempunyai negara mereka sendiri. Banyak yang ingin agar para pemeluk agama Hindu dan Islam mempunyai negara sendiri. Gandhi adalah seorang Hindu namun dia menyukai pemikiran-pemikiran dari agama-agama lain termasuk Islam dan Kristen. Dia percaya bahwa manusia dari segala agama harus mempunyai hak yang sama dan hidup bersama secara damai di dalam satu negara.

Pada 1947, India menjadi merdeka dan pecah menjadi dua negara, India dan Pakistan. Hal ini tidak disetujui Gandhi.

Prinsip Gandhi, satyagraha, sering diterjemahkan sebagai “jalan yang benar” atau “jalan menuju kebenaran”, telah menginspirasi berbagai generasi aktivis-aktivis demokrasi dan anti-rasisme seperti Martin Luther King, Jr. dan Nelson Mandela. Gandhi sering mengatakan kalau nilai-nilai ajarannya sangat sederhana, yang berdasarkan kepercayaan Hindu tradisional: kebenaran (satya), dan non-kekerasan (ahimsa).

Pada 30 Januari 1948, Gandhi dibunuh seorang lelaki Hindu yang marah kepada Gandhi karena ia terlalu memihak kepada Muslim.

Warisan ajaran Gandhi di Indonesia
Selain tokoh-tokoh perjuangan anti kekerasan, keadilan dan perdamaian di tingkat dunia, di Indonesia pun ajaran Gandhi menemukan lahan yang subur. Ibu Gedong Bagoes Oka, misalnya, menemukan inspirasi perjuangannya di dalam ajaran Gandhi. Ia mendirikan Ashram Gandhi di Candi Dasa, Bali sebagai pusat pendidikan dan pengamalan ajaran-ajaran Gandhi tersebut.

“Mereka yang berjiwa lemah tak akan mampu memberi seuntai maaf tulus. Pemaaf sejati hanya melekat bagi mereka yang berjiwa tangguh.”

 Lain-lain
Gandhi tidak pernah menerima Penghargaan Perdamaian Nobel, meski dia dinominasikan lima kali antara 1937 dan 1948. Beberapa dekade kemudian, hal ini disesali secara umum oleh pihak Komite Nobel. Ketika Dalai Lama dianugerahi Penghargaan Nobel pada 1989, ketua umum Komite mengatakan bahwa ini merupakan “sebuah bentuk mengenang Mahatma Gandhi”.

Museum elektronik Nobel mempunyai artikel mengenai hal tersebut.

Sepanjang hidupnya, aktivitas Gandhi telah menarik berbagai komentar dan opini. Misalnya, sebagai penduduk Kerajaan Britania, Winston Churchill pernah berkata “Menyedihkan…melihat Mr. Gandhi, seorang pengacara Kuil Tengah yang menghasut, sekarang tampil sebagai seorang fakir yang tipenya umum di Timur, menaiki tangga Istana Viceregal dengan badan setengah-telanjang.” Begitu juga dengan Albert Einstein yang berkomentar berikut mengenai Gandhi: “(Mungkin) para generasi berikut akan sulit mempercayai bahwa ada orang seperti ini yang pernah hidup di dunia ini.”

Karya Mahatma Gandhi tidak terlupakan oleh generasi berikutnya. Cucunya, Arun Gandhi dan Rajmohan Gandhi dan bahkan anak cucunya, Tushar Gandhi, adalah aktivis-aktivis sosio-politik yang terlibat dalam mempromosikan non-kekerasan di seluruh dunia.

 sumber artikel wikipedia

 


15 Responses to “mahatma gandhi”


  1. Kamis, 5 Juni 2008 pukul 5:42 pm

    buka email sodara. saya ada ngirim e-mail yg kekanak2an

    hebat artikelnya saya ga bisa nulis ky gini. maklum anak TK.

    klo emang ada di wiki cukup link aja kli. ga usah di copy paste. yg harusnya diisi adalah pandangan sodara bout pak Mahatma Gandhi dan hubunganya dengan kekerasan.

    Klo saya begini, sama dengan ajaran pak JESUS. Manusia adalah satu2nya mahluk yg punya kebencian, ambisi dan dendam. Pak Gandhi adalah orang yg tidak pernah menghasut pengikutnya untuk membenci atas nama kebenaran. Atau merendahkan orang lain. neither saint nor sinner!!.

    selama ada yg namanya kelompok dan kepemimpinan, perang takkan berakhir. punk vs reggae. hip-hop vs emo. mending kita berkarya tanpa terikat identitas kelompok

  2. 3 mylongjourney
    Kamis, 5 Juni 2008 pukul 5:54 pm

    om kok bisa ya tanpa kekerasan, saya yang gak tahu hidup di jaman beliau gak bisa membayangkan bagaimana caranya…

    how to did such beautiful things?

  3. 4 mylongjourney
    Kamis, 5 Juni 2008 pukul 5:58 pm

    kekerasan?? i know, you know, we both know laahh…

    *keplas keplus asep rokok

  4. Kamis, 5 Juni 2008 pukul 7:49 pm

    Baru tau tokoh yg ini,dan benar2 anti-rasisme tokoh yg satu ini.

  5. Jumat, 6 Juni 2008 pukul 9:36 am

    @iblis

    plok plok plok……
    aplaus buat lo,
    oh trus kenapa di blog lo lo berikrang kalo blogger yang pengen lo bunuh antara lain

    5 Tipe Blogger yang ingin saya bunuh
    caci maki
    1. Blog Sok Sukses

    Sok sukses bagi2 tips tentang sukses. Berisi motovasi yang ga jelas. terutama yang paling bikin marah adalah tentang kaya dengan internet. Bangsat. Google Adsense bangsat! Ga ada yang kaya karena google adsense! Yang ada cuma orang yang dapet duit dari jualan buku setan. Bangsat!
    2. Blog Copy Paste

    Waaa, blog mu bagus banyak gambar yang kamu copy paste dari sana sini. Bangsat!! Bikin gambar sendiri tau foto sendiri. Klo ga bisa ga usah isi gambar bangsat!
    3. Blog Resensi

    Bangsat! Apa itu blog?? Apa itu blog? apa itu blog? Pribadikan bangsat bangsat bangsat bangsat!! Eh kamu pinter make bahasa inggris, persis lagi kaya di situs tertentu. Bangsat!
    4. Blog Bajakan

    Bangsat! Isinya link menuju mp3 gratis, software gratis & porno gratis! Bangsat!!
    5. Blog Rasis / Blog Provokator

    Bangsat!! Semua blog komunitas!! Aku ga butuh komunitas bangsat!! Blog kayak gini selalu nulis seolah2 mewakili suara orang banyak. Bangsat semua teman2 mu!!

    Blogku adalah blog yang paling ideal buatku! Blogmu bangsat!! Bangsaaaaaat!!!

    apa ini bukan pernyataan anak TK?
    satu hal lagi bro
    gw ga pernah mempresentasikan kalimat2 seperti punk VS reaage,hip vs emo, lo sendirikan yang berikrar demikian, apa maksud lo nak?
    kehilangan akal sehatkah? adu domba kah…
    tentu jawaban lo gw tunggu biar ada titik penjelasan dari argument lo di atas?
    semua temen2 gw berbeda latar belakang dan gw ga milih untuk nyari temen di blog ini
    apa arti sebuah nama jika lo sendiri memusuhi antar sesama.
    satu pesan buat lo, jangan sembarang mengumbar kata2 provokatif dan sampah.

  6. Jumat, 6 Juni 2008 pukul 11:38 am

    @mylongjourney

    yah itulah rahasia tuhan bro kadang kita susah menjelaskannya dengan akal sehat
    * hayah *:mrgreen:
    ngopi brur!

    @fendhy
    :mrgreen:
    kita sama2 belajar kok.

  7. 8 mylongjourney
    Jumat, 6 Juni 2008 pukul 7:06 pm

    jaman sekarang kalo ada orang seperti itu pasti dikatakan munafik oleh orang lain…bener itu…politik itu memang sangat kejam jika dilakukan untuk merendahkan orang lain…win-win solution juga gak mudah dicari..

    Pak gandhi jelas tidak akan dinominasikan nobel isa jadi bkarena konflik kepentingan di kalangan intelektual di organisasi nobel itu sendiri..secara dulu dia melawan inggris

  8. 9 mylongjourney
    Jumat, 6 Juni 2008 pukul 7:15 pm

    @om erick
    saya lagi ketiban banyak project jadi belum fokus mau nulis apa di blog..sabar aja..minggu pas sedang santai nulis lagi lah..trus kalian komen2 lagi lah…

  9. Jumat, 6 Juni 2008 pukul 8:07 pm

    Udah, tukang kibul ga usah banyak bacot! Buktikan semua bualanmu dulu musisi hebat, sosialis hebat, pembuat majalah atau akui secara jantan bahwa anda tukang boong!

    Saya memang anak TK, tapi bukan tukang kibul! Music programmer & anime illustrator bukan kelompok tapi nama dari skill yang sudah saya buktikan!

    Komen saya membuktikan setiap orang bisa berkata suci tanpa tindakan apapun. Dalam posisi ini kita sama kan? Anda bebas ber idealis ria tapi sadari anda tidak melakukan apapun demi masyarakat! Klo saya salah buktikan, buktikan buktikan buktikan buktikan buktikan buktikan buktikan buktikan buktikan buktikan buktikan buktikan buktikan buktikan buktikan buktikan buktikan buktikan buktikan buktikan buktikan buktikan buktikan buktikan buktikan buktikan buktikan buktikan buktikan buktikan buktikan buktikan buktikan buktikan buktikan buktikan buktikan buktikan buktikan buktikan buktikan buktikan buktikan buktikan buktikan buktikan buktikan buktikan buktikan buktikan buktikan buktikan buktikan buktikan buktikan buktikan buktikan buktikan buktikan buktikan buktikan buktikan buktikan buktikan buktikan buktikan buktikan buktikan buktikan buktikan buktikan buktikan buktikan buktikan buktikan buktikan buktikan buktikan buktikan buktikan buktikan buktikan buktikan buktikan buktikan buktikan buktikan buktikan buktikan buktikan buktikan buktikan buktikan buktikan buktikan buktikan buktikan buktikan buktikan buktikan buktikan buktikan buktikan buktikan buktikan buktikan buktikan buktikan buktikan buktikan buktikan buktikan buktikan buktikan buktikan buktikan buktikan buktikan buktikan buktikan buktikan buktikan buktikan buktikan buktikan buktikan buktikan buktikan buktikan buktikan buktikan buktikan buktikan buktikan buktikan buktikan buktikan buktikan buktikan buktikan buktikan buktikan buktikan buktikan buktikan buktikan buktikan buktikan buktikan buktikan buktikan buktikan buktikan buktikan buktikan buktikan buktikan buktikan buktikan buktikan buktikan buktikan buktikan buktikan buktikan buktikan buktikan buktikan buktikan buktikan buktikan buktikan buktikan buktikan buktikan buktikan buktikan buktikan buktikan

    Happy Ending!

  10. Jumat, 6 Juni 2008 pukul 11:51 pm

    @mylongjourney

    politik emang ga ada habisnya….
    tapi politik juga membantu kita menjadi sebuah negara yang merdeka, seperti pisau bermata dua, salah gores maka darah yang menjadi tercecer.
    oke brur postingan lo gw tunggu:mrgreen:

    @iblis

    mirip debat kusir
    silahken tulis yang banyak lagi😆

  11. Minggu, 8 Juni 2008 pukul 1:20 am

    @erick
    numpang nyanyi ya😛

    “jagalah hati,jangan kau nodai……syalalalalala”

    anjing menggongong,anak PUNK tetap melaju

    *ngopi rick*

  12. Minggu, 8 Juni 2008 pukul 7:56 pm

    @ironepunx

    susunya kurang wan:mrgreen:

  13. 14 hadup ini tarik menarik2
    Minggu, 17 Agustus 2008 pukul 5:51 am

    kita hidup dalam gambaran yata bukan dari peropa atao sejarah coba jalani hidup tanpa meliat peropa atao peropa

  14. Minggu, 17 Agustus 2008 pukul 10:21 am

    @ mas hadup ini tarik menarik2

    jangan liat kebelakang dunkzz……….


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


Juni 2008
S S R K J S M
« Mei   Jul »
 1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
30  


%d blogger menyukai ini: